Memulai Perjalanan

Halo sobat mau sharing pengalaman solo trip saya ke Jepang selama 2 minggu kemarin dari tanggal 27 Januari – 10 Februari 2019.

Berawal dari hasil kesamber gledek tiket.com Japan Airlines (JAL) CGK-NRT-CGK saya akhirnya mampir lagi ke Jepang setelah 2 tahun lalu kesana. Bedanya dulu berlima sekarang saya sendiri karena ngajak teman kurang sat set bat bet beli tiketnya jadi harganya udah naik lagi dan orangnya malah beli tiket ke negara lain. Tapi karena niat hati sudah bulat akhirnya saya beranikan diri untuk solo trip sekaligus menguji ilmu travelling di Jepang. Setelah browsing event-event apa saja yang ada di tanggal itu ternyata ada satu event tahunan yang menarik di Sapporo yaitu Sapporo Snow Festival, yang tadinya saya ragu-ragu untuk memasukkan Sapporo ke itinerary akhirnya dengan mantap memasukkannya juga. Agak susah sebenarnya kalau start dari Tokyo karena berada di tengah. Akhirnya setelah menimbang-nimbang berikut adalah garis besar perjalanan Soloventure saya :

Tokyo -> Sapporo -> Hakodate -> Osaka -> Hiroshima -> Kyoto -> Tokyo

Setelah dapat tiket pesawat saya langsung browsing penginapan, membeli JR Pass Ordinary selama 14hari (saya beli dari http://railpass-japan.com/), membooking penyewaan mobile wifi (dari https://www.instagram.com/passpod.id) dan juga mempersiapkan dokumen untuk mengurus visa. Setelah clear semuanya akhirnya saya berangkat dari kota gudeg Yogyakarta pada tanggal 26 Januari dini hari naik AirAsia karena penerbangan ke Narita dari Soetta adalah pagi hari jam 5:45, jadi ngemper dulu beberapa jam di Soetta.